Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, Maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS Al A’raf 7:96) Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, Maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, Maka sudah sepantasnya Berlaku terhadapnya Perkataan (ketentuan kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS Al Isra’ 17:16) Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, Maka ketika itu mereka terdiam berputus asa (QS Al An’am 6:44).

09 Agustus 2010

Marhaban Ya Ramadhan



 Marhaban Ya Ramadhan
ﻴﺄﻴﻬﺎ ﺍﻠﺬﻴﻦ ﺃﻤﻨﻮﺍ ﻜﺘﺏ ﻋﻠﻴﻜﻡ ﺍﻠﺼﻴﺎﻡ ﻜﻤﺎ ﻜﺘﺏ ﻋﻠﻰﺍﻠﺬﻴﻦ ﻤﻦ ﻘﺑﻠﻜﻡ ﻠﻌﻠﻜﻡ ﺘﺘﻘﻮﻦ
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS Al-Baqarah : 183) 
Ramadhan bulan harapan umat Nabi Muhammad SAW, Nabi Muhamamad SAW berkeluh kesah kepada Allah SWT dikarenakan pandangan Allah SWT sangat banyak dibulan ini, setiap amal baik dilipat gandakan di bulan ini, maka setiap orang yang merasa berdosa, disinilah tempat dia memohon ampun dan meminta ridho-Nya, karena Nabi SAW bersabda :
“Barang siapa yang menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang gembira, maka akan Allah ampunkan dosa yang terdahulu”.
Ulama-ulama terdahulu bila datang bulan Ramadhan mereka selalu membaca :
ﺃﺸﻬﺩﺃﻥﻻﺇﻠﻪﺇﻻﺍﷲﻨﺴﺘﻐﻓﺭﺍﷲ‚ﻨﺴﺄﻠﻙﺍﻠﺠﻨﺔﻭﻨﻌﻭﺫﺒﻙﻤﻥﺍﻠﻨﺎﺭ ×۳
ﺍﻠﻠﻬﻡﺇﻨﻙﻋﻓﻭﻜﺭﻴﻡﺘﺤﺏﺍﻠﻌﻓﻭﻓﺎﻋﻑﻋﻨﺎ ×۳
 “Asyhadu anlaa ilaha ilallah nastagfirullah,  nas-alukal jannata wanna'uzubika minannar…. 3X Allahuma inaka afuwun tuhibbul afwa fa'fu'anna…. 3X”

Dan inilah amalan-amalan orang sholeh setiap harinya, Al-Qur`an dan sholat sunnah tidak pernah terlepaskan, apalagi sholat Tarawih yang dikerjakan selalu berjama`ah.
Di bulan ini pula ada malam seribu bulan yang dinamai “Lailatul Qadar”. Mereka para ulama terdahulu menandai malam itu dengan malam ganjil, kerena Nabi SAW bersabda :
“Allah menyukai yang ganjil-ganjil”
Biasanya mereka para ulama menghabiskan malam itu dengan menghatamkan Al-Qur`an dan bersholawat kepada Rasulullah SAW.
Di bulan ini pula pertama kali Allah SWT menurunkan Al-Qur`an pada tanggal 17 Ramadhan, bila diceritakan tentang fadilah Ramadhan tidak akan pernah menghabiskan pertanyaan dan jawaban karena begitu banyak hikmah-hikmah yang terkandung.
Allah SWT berfirman :
“Seandainya pohon di dunia ini dijadikan penanya dan air laut dijadikan tintanya maka tidak akan habis Ilmu Allah untuk dipelajari” 
Marhaban ya syahra ramadhan
Marhaban syharash-shiyami
Marhaban ya syhara ramadhan
Marhaban syharal-qiyami
Selamat datang, bulan Ramadhan
Selamat datang, bulan puasa
Selamat datang, bulan Ramadhan
Selamat datang, bulan ibadah

Tidak ada komentar:

Pengunjung

Free counters!